Sambutan Sekjen BMPTTSSI Periode2015-2019

sekjen

Prof. Ir. I Nyoman Arya Thanaya, ME, PhD.
(Universitas Udayana)

As. Wr. Wb.
Salam Sejahtera.
Om Swastyastu.

Yang saya hormati,
Keluarga Besar BMPTTSSI dimana saja berkedudukan di Negara yang kita cintai ini.

Dengan mamanjatkan puji syukur kehadapa NYA, saya dengan senang hati mengemban tugas selaku Sekjen periode 2015-2019, sesuai Munas XI BMPTTSSI di Makassar 8 Oktober 2015.

BMPTTSSI merupakan suatu wadah komunikasi antar Program Studi Teknik Sipil dari Jenjang S1, S2 dan S3. Dalam wadah ini didiskusikan segala hal-ihwal terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang ketekniksipilan. Dengan komunikasi ini diharapkan akan terwujud penyelenggaraan materi dan proses pembelajaran yang relatif memiliki kesamaan. Sejauh ini wacana dalam BMPTTSSI masih dominan pada Jenjang S1. Hal ini sangat wajar karena jenjang S1 merupakan dasar untuk menuju jenjang S2, dan selanjutnya S3.

Hal yang mendasar dibahas intens adalah perihal kurikulum dengan learning outcome (LO) sesuai ketentuan pemerintah, dan disesuaikan dengan tuntutan pasar global yang mengacu pada ketentuan yang luas dipergunakan ditingkat dunia, misalnya dari Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET) yang bebasis pada sistem pendidikan di Amerika, dan Indonesia Accreditation Board for Engineering Education (IABEE), atas kerjasama dengan pemerintah Jepang.

Hal yang mendesak untuk direalisasikan di lingkungan BMPTTSSI adalah: terwujudnya jurnal yang suatu saat bisa terakreditasi. Hal ini sangat memungkinkan untuk diwujudkan, atas kerjasama dengan Konsorsium Penyelenggara Konferensi Nasional Teknik Sipil (KoNTekS), dimana secara terseleksi naskah yang baik akan dipublikasikan pada jurnal. Selain itu kerjasama sudah dan akan terus ditingkatkan dengan Asosiasi Sarjana Teknik dan Insinyur Sipil Indoinesia (ASTISI) dan Persatuan Insinyur Indinesia (PII).

Pertemuan berkala akan dilakukan untuk mendiskusikan berbagai hal secara lebih intensif. Wadah komunikasi berupa maillist dan media komuikasi lain (Whatsupp) sudah dilakukan untuk mempermudah sosialisasi informasi dan komunikasi.
Atas nama keluarga besar BMPTTSSI, kami mohon partisipasi dan dukungan semua pihak.

Demikian saya sampaikan, atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih.

Denpasar, 20 Pebruari 2016

sign sekjen